OPL atau Open PS2Loader merupakan salasatu boot loader game harddisk yang support baik pada pengguna harddisk external (USB), maupun pada pengguna harddisk Internal atau pengguna PS2 Fat/ tebal yang dilengkapi dengan seperangkat harddisk beserta network adapternya.

Bicara tentang bootloader game, maka salasatu bootloader game yang mumpuni saat tulisan ini saya posting adalah OPL atau Open PS2Loader yang lebih dulu dikenal dengan nama Open USBLoader yang pada tulisan terdahulu sudah saya prediksikan akan menjadi salasatu bootloader game yang akan menarik banyak hati para pencita console game PS2 yang menggunakan media penyimpanan game dari harddisk untuk selanjutnya meload dan memainkan gamenya, karena dibalik layar, OPL merupakan project open source yang mana setiap orang bisa ikut memberi kontribusi buat pengembangannya.


Dan sekarang OPL ini masih terus disempurnakan oleh para pengembangnya serta para tester” yang slalu aktif memberikan masukan mengenai bug program ataupun masalah kompabilitas module game terhadap OPLnya, dan para pengembang dari OPL ini diantaranya: IFCaro, Jimmikaelkael, Volca, Polo, Izdubar, Misfire, Eugene Plotnikov, Marcus R. Brown, Eric Young, Werner Lemberg, CrasyC, Dlanor serta beberapa lagi yang belum sempat saya ingat nama-namanya, termasuk pada para pengembang dari GSKit dan PS2SDK yang digunakan untuk membangun OPL ini, diantaranya: Raizor, Linuzapp, Hiryu, Tyranid, Clement, Warren, Drakonite, Mrbrown, Lukasz, Emoon, Pixel, Satanskji, Mrhtford, Chipnat, Stefan, Neovanglist, Blackdroid, Raipsu, Myria, Radad, Oopo, Herben, Kaylakaze, Neil Stevens, Gawd, Csh, Oobles, Pukko, Karmix, Adresd, Loser, Ragnarok2040, dan lainnya.


Orang-orang yang saya sebutkan diatas yang telah berjasa hingga OPL bisa kita dapat secara Gratis…., dan digunakan untuk membantu kita dalam memainkan game yang tersimpan pada harddisk di Playstation 2.


Jadi… jika yang membuatnya saja memberikan kepada kita secara Mudah dan Gratis, dan ada orang” yang HANYA menyebarkan atau membaginya sampai minta bayaran, maka itu sich namanya TERLAAALUu……. ihikhikihikhikihikhik Malu Ach….


Makanya, untuk Update revisi OPL (disidebar kiri pada tab Software) di blog ini dari dulu sampai revisi terbaru yang bisa saya dapat, Insya Allah akan terus disediakan secara Gratis pula, baik OPL dari repository IFCaro (OPL Standar), maupun dari CrazyC (OPL+VMC)


Okley… Kita kembali ke Labtoop…sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi


Maksudnya kembali kepokok bahasan….sengihnampakgigi

Membuat partisi di harddisk internal dasar-dasarnya sudah dijelaskan pada postingan terdahulu yang bisa juga diterapkan untuk Instalasi OPL di harddisk internal, dan pada kesempatan ini saya coba jelaskan lebih khusus lagi untuk OPL.


Software yang digunakan untuk membuat partisi di harddisk internalnya bisa menggunakan UlaunchELF yang prosesnya agag sedikit lambat dan cukup merepotkan sengihnampakgigi, bisa juga membuat partisi harddisk PS2nya dilakukan di PC dengan menggunakan software PS2 PFS Explorer yang prosesnya lebih cepat dari pada menggunakan Ulaunchelf.


Dan kedua cara tersebut akan dijelaskan semua pada postingan kali ini, karena masing-masing sebenarnya memiliki kelebihan yang sifatnya relatif kepada setiap pengguna.


Kita mulai dari membuat partisi harddisk internalnya dengan UlaunchELF.


Karena yang digunakan membuat partisi adalah UlaunchELF (ule), dimana UlaunchELF ini merupakan salasatu aplikasi yang jalan di PS2, maka tentunya teman” akan membuat partisi harddisknya langsung dari console PS2, maka cara membuatnya sebagai berikut:


Jalankan UlaunchELF dan masuk di FileBrowser, setelah itu pilih path MISC/ dan tekan Lingkaran,



Setelah itu akan masuk kemenu tools dari UIaunchELF yang diantaranya sebagai berikut :

  • PS2Browser
  • PS2Disc
  • PS2Net
  • PS2PowerOff
  • HddManager
  • TextEditor
  • JpgViewer
  • Configure
  • Load CNF —
  • Load CNF ++
  • Set CNF_Path
  • Load CNF
  • ShowFont
  • Debug Info
  • About uLE
  • USDSYS



Seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pilih HddManager dan tekan Lingkaran, dan tunggu beberapa saat sampai proses pembacaan harddisk internalnya, dan setelah itu pada contoh ini akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan R1 untuk munculkan Menu dan pilih Create, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan Lingkaran.

Kemudian tulis nama partisinya menjadi OPL, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Pilih OK dan tekan Lingkaran, setelah itu tentukan besar kapasitas partisi yang dibuat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Untuk mengubah besar kapasitas partisi, tekan tombol Dpad kanan., dan setelah itu tekan Lingkaran.

Kemudian akan muncul konfirmasi lagi menanyakan akan membuat sebuah partisi baru seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pilih OK dan tekan Lingkaran.

Tunggu hingga prosesnya selesai, dan setelah itu maka partisi +OPL akan selesai dibuat dan berada pada bagian paling bawah seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang keluar dari HDD Manager dengan menekan Segit dan kembali ke FileBrowser.

Selanjutnya pilih path hdd0:/ dan tekan Lingkaran, tunggu beberapa saat hingga data/partisi diharddisk internalnya selesai dibaca, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Masuk didalam partisi +OPL dengan memilihnya dan menekan Lingkaran.

Selanjutnya kita buat beberapa folder lagi untuk keperluan OPL, diantaranya folder yang kita buat adalah

Folder ART
Folder THM
Folder VMC

Setelah itu tekan R1 untuk memunculkan menu dan pilih New Dir seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tekan Lingkaran, kemudian tulis nama folder yang ingin dibuat, umpamanya seperti pada contoh dibawah ini nama folder yang saya buat pertama adalah ART.


Setelah nama foldernya selesai ditulis, kemudian pilih OK dan tekan Lingkaran, maka folder dengan nama ART akan selesai dibuat.

Selanjutnya buat lagi folder lainnya dengan cara seperti sebelumnya, dan setelah semua folder selesai dibuat akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey…

Ketiga foldernya sudah selesai dibuat, dan masing-masing folder diisi dengan

  • Untuk folder ART diisi gambar untuk keperluan theme OPL (jika menginginkannya) diantaranya adalah gambar cover, gambar icon, serta gambar background.
  • Untuk folder THM diisi dengan themes OPL (jika menginginkannya).
  • Untuk folder VMC diisi dengan file virtual mc jika teman” menggunakan OPL+VMC (jika menginginkannya.



Seperti pada contoh gambar dibawah ini pada folder ART setelah terisi gambar yang diperlukan.


Sementara pada folder THM setelah saya isi dengan beberapa tema dari OPL new gui akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan pada folder VMC seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah saya masukkan satu file virtual mc yang diperuntukkan buat WE10 sebagai contoh buat tulisan ini.


Okley…..

Saya rasa untuk keperluan membuat partisi OPL (untuk revisi saat tulisan ini saya posting) pada harddisk internal sudah selesai dengan menggunakan UlaunchELF.

Sekarang kita lanjutkan membahas cara membuat partisi dengan menggunakan PS2 PFS Explorer.

About arizkyrental

Menyediakan Rental PS 2, Service PC dan Laptop, Service Stick Ps 2/PS 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s