Open PS2 Loader di PS2 Fat HDD
Open PS2 Loader atau OPL merupakan boot loader game yang bisa digunakan untuk memainkan game dari Harddisk External (USB Game) dan Harddisk Internal (HDD Game).
Dan pada postingan kali ini khusus akan kita coba bahasa mengenai OPL di PS2 Fat yang menggunakan harddisk Internal dengan Network Adaptor (NA), yang mana sebelumnya para penggunanya lebih dulu mengenal HDLoader sebagai boot loader game untuk memainkan permainan yang sudah terinstal di harddisk dengan menggunakan Network Adaptor (NA).
OPL sebenarnya sudah lama bisa digunakan untuk memainkan game dari harddisk internal layaknya menggunakan HDLoader, cuma pada revisi 482 kebawah (baca readme and detailed changelog), untuk penggunaannya masih memerlukan memorycard untuk menyimpan semua setting untuk pengaturan di OPL, dan baru pada revisi OPL 483 keatas (dan OPL v 0.8 setelah dirilis) sudah mendukung atau OPL sudah mempunyai kemampuan untuk membaca setting yang tersimpan di harddisk Internal dan sekaligus menampilkan judul-judul game yang terinstal di harddisk internalnya tanpa memerlukan memorycard lagi untuk menyimpan atau membaca setting utamanya.
Jadi dengan adanya kemampuan ini hasil dari metode Dlanor kemudian programnya diperbaharui oleh Izdubar, maka penggunaan OPL di PS2 Fat dengan Network Adaptor lebih praktis lagi dan tentunya lebih memudahkan buat PS2 yang sudah ganti modchip modbo atau matrix.
Berikut cara instalasi OPL pada PS2 yang sudah ganti modchip Modbo atau Matrix.
Pertama-tama tentunya OPL diinstal keharddisk Internalnya dengan menggunakan DEV2 Installer atau menggunakan metode menginstal dengan menggunakan PS2 PFS Explorer, dan untuk metode instalasi ini sudah dijelaskan pada postingan yang terdahulu buat HDLoader, dimana cara instalasinya bisa juga diterapkan untuk menginstal Open PS2 Loader di harddisk internal.
Setelah OPL sudah selesai diinstal diharddisk Internalnya, maka langka selanjutnya adalah membuat partisi di harddisk untuk menyimpan semua file-file yang dibutuhkan oleh OPL, yang mana untuk membuat partisinya sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya dengan menggunakan UlaunchELF atau PS2 PFS Explorer.
Setelah partisinya yang bernama +OPL sudah dibuat di harddisknya, maka langka selanjutnya adalah mengatur dulu settingan OPL agar saat booting pertamanya langsung membaca harddisk internalnya dengan cara.
Pastikan untuk pengaturan bootmode modchip sudah diset ke DEV2 dan jangan lupa pada proses awal ini memorycard (MC) tetap ditancapkan di PS2.
Dan setelah OPL berhasil dijalankan, maka langka selanjutnya adalah mengatur settingan utamanya dengan terlebih dahulu menekan START dan masuk di Settings dan atur :
HDD device start mode = Auto
Start device = HDD Games
Sementara untuk pengaturan lainnya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Setelah pengaturan game sudah tidak ada lagi yang mau dirubah, maka langka selanjutnya menekan OK dan simpan pengaturannya di MC.
Kemudian untuk pengaturan settingan game, atur juga jika memang dibutuhkan (tergantung dengan game yang terinstal diharddisk masing-masing), dan setelah itu simpan juga pengaturannya di MC.
Okey….
Matikan PS2 dan langka selanjutnya jalankan UlaunchELF dan copy semua pengaturan OPL yang tersimpan di MC pada folder OPL, kemudian paste pada partisi hdd0:/+OPL/
Jadi nantinya pada partisi +OPL akan seperti dibawah ini (tergantung dari kebutuhan masing-masing)
APPS
ART
THM
VMC
conf_apps.cfg
conf_compatibility.cfg
conf_dnas.cfg
conf_last.cfg
conf_opl.cfg
conf_vmc.cfg
Penjelasan :
• APPS adalah folder untuk menyimpan aplikasi (jika diinginkan).
• ART adalah folder untuk menyimpan gambar cover, icon dan background yang dibutuhkan OPL (jika diinginkan).
• THM adalah folder untuk menyimpan tema OPL (jika diinginkan).
• VMC adalah folder untuk menyimpan file virtual mc (jika diinginkan dan dibutuhkan).
• conf_apps.cfg adalah konfigurasi yang memuat pengaturan aplikasi di OPL (jika diinginkan).
• conf_compatibility.cfg adalah konfigurasi yang memuat settingan setiap game (jika diperlukan).
• conf_dnas.cfg adalah konfigurasi yang memuat pengaturan dnas (jika diperlukan).
• conf_last.cfg adalah konfigurasi last played game (jika diperlukan).
• conf_opl.cfg adalah konfigurasi utama OPL (sangat diperlukan)
• conf_vmc.cfg adalah konfigurasi penggunaan virtual mc setiap gamenya (jika diinginkan dan dibutuhkan).
Okey…..
Setelah semuanya sudah selesai diatur, maka sekarang PS2 Fat dengan modchip modbo/matrix dengan harddisk internal + Network adaptor (NA) sudah bisa digunakan memainkan game dengan OPL tanpa membutuhkan lagi memorycard setiap akan memulai menjalankannya.
Sementara buat PS2 Fat yang masih menggunakan modchip bawaan dari distributor atau PS2 tanpa modchip (tanpa tempelan chip), maka untuk menjalankan OPL tetap menggunakan memorycard dengan Free MCBoot dimana untuk settingan OPLnya bisa disimpan di MC atau harddisk internalnya.
Selesai.

About arizkyrental

Menyediakan Rental PS 2, Service PC dan Laptop, Service Stick Ps 2/PS 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s